Bola Basket

    SALAM PERBASI

    Buat semua pecinta basket , pasti udah pada gak asing lagi nih sama artikel yang bakal gue posting , tapi seenggaknya artikel gue bisa nambah wawasan kalian semua yang baca . Kalau emang pecinta basket pasti udah tau dong seluk beluknya bola basket , tapi jangan khawatir buat yang belum tau , baca aja artikelnya dan kalian bila tau , selamat membaca yaaaa🙂 !!!!!

1. Sejarah
Pada tahun 1891, Dr. James Naismith, seorang guru Olahraga asal Kanada yang mengajar di sebuah perguruan tinggi untuk para siswa profesional di YMCA di Springfield, Massachusetts, harus membuat suatu permainan di ruang tertutup untuk mengisi waktu para siswa pada masa liburan musim dingin di New England. Terinspirasi dari permainan yang pernah ia mainkan saat kecil di Ontario,Naismith menciptakan permainan yang sekarang dikenal sebagai bola basket pada 15 Desember 1891.

2. Pengertian

    Bola basket adalah olahraga bola berkelompok yang terdiri atas dua tim beranggotakan masing-masing lima orang yang saling bertanding mencetak poin dengan memasukkanbola ke dalam keranjang lawan.

3. Lapangan , Waktu dan Jumlah Pemain dan Wasit

    Lapangan bola basket berbentuk persegi panjang yakni panjang 28,5 meter dan lebar 15 meter. Jumlah pemain dalam permainan bola basket adalah 5 orang dalam satu regu dengan cadangan 5 orang. Sedangkan jumlah wasit dalam permainan bola basket adalah 2 orang. Wasit 1 disebut Referee sedangkan wasit 2 disebut Umpire. Waktu permainan 4 X 10 menit. Di antara babak 1, 2, 3, dan babak 4 terdapat waktu istirahat selama 10 menit .

4. Peraturan

1.Bola dapat dilemparkan ke segala arah dengan menggunakan salah satu atau kedua tangan.

2.Bola dapat dipukul ke segala arah dengan menggunakan salah satu atau kedua tangan, tetapi tidak boleh dipukul menggunakan kepalan tangan (meninju).

3.Pemain tidak diperbolehkan berlari sambil memegang bola. Pemain harus melemparkan bola tersebut dari titik tempat menerima bola, tetapi diperbolehkan apabila pemain tersebut berlari pada kecepatan biasa.

4.Bola harus dipegang di dalam atau di antara telapak tangan. Lengan atau anggota tubuh lainnya tidak diperbolehkan memegang bola , dll .

5.Teknik Dasar Bola Basket

– Passing : 1. Chest Pass

                  2. Bounce Pass

                  3. Over Head Pass

– Dribbling

– Lay Up

– Pivot

– Shooting , dll

6. Pernak – Pernik Basket

    Nah ini dia bagian yang gue paling suka , bagian peralatan dalam bermain bola basket . Ternyata gak kalah keren sama olahraga-olahraga yang lain lho . Percaya deh🙂

1. Kostum

contoh :

2. Sepatu

    Sepatu Basket banyak banget ragamnya , kalian pasti bingung suka yang mana nih gue punya contohnya :

3. Hand Band

contohnya :

 

  Buat para basket mania , artikelnya sampai sini aja dulu , sebenernya masih banyak yang mau gue posting , tapi karena keterbatasan waktu jadi harap di maklumi , okee ???

  Sampai ketemu lain waktu . Bye🙂

  SALAM PERBASI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s